Saturday, June 06, 2020

Daun Kelor Dapat Menambah Bobot Ayam Broiler

Tulisan kali ini sedikit jauh dari dunia kontraktor, yakni tentang dunia peternakan. Dalam hal ini saya akan menyampaikan hasil penelitian Bapak Yusri Sapsuha, Staf Pengajar Faperta UNKHAIR-Ternate, yang berjudul "Pengaruh Penambahan Jenis Tepung Daun Leguminosa Yang Berbeda Terhadap Konsumsi, Pertambahan Bobot Badan dan Konversi Ransum Ayam Broiler".

Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan beberapa tepung daun leguminosa diantaranya kelor (Moringa oleifera), lamtoro (Leuchaena leucocephala), dan gamal (Gliricidia sepium) terhadap konsumsi, pertambahan bobot badan dan konversi ransum ayam broiler.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penambahan 5% tepung daun kelor (Moringa oleifera) ke dalam pakannya memberikan pengaruh terbaik terhadap pertambahan bobot badan dan konversi ransum ayam broiler dibandingkan dengan penambahan 5% tepung daun lamtoro (Leuchaena leucocephala) dan tepung daun gamal (Gliricidia sepium).

1 comment:

  1. the article is very interesting and useful, if you need a reference, you can check it here https://ners.unair.ac.id/site/lihat/read/1228/manfaat-daun-kelor-bagi-kesehatan

    ReplyDelete