Selasa, Juni 16, 2020

Cara Membuat Tepung Ikan Dari Ikan Tongkol Afkir


Kebutuhan tepung ikan di Indonesia lebih banyak dipenuhi dari impor. Untuk menekan impor ini, perlu diusahakan sumber daya perikanan dalam negeri. Salah satu adalah memaksimalkan pemanfaatan produksi ikan yang ada. 

Berikut ini akan dijelaskan cara membuat tepung ikan dari ikan tongkol afkir (ITA). Ikan Tongkol Afkir (ITA) dibersihkan dengan air dari kotoran yang melekat kemudian ditiriskan, ditimbang dalam keadaan basah kemudian dicincang. Ikan ditaburi garam dengan level 7,5 % dari berat ITA. Air dididihkan dalam alat pengukus, dilakukan proses pengukusan selama 45 menit. Ikan hasil pengukusan dipress untuk mengeluarkan airnya kemudian dijemur hingga kering dan digiling menjadi tepung.


Pengolahan ITA dengan penggaraman dan pengukusan dapat mempertahankan kualitas ITA, hal ini terlihat dengan meningkatnya kandungan gizi terutama Protein Kasar (50,16-64,42%), sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pakan.

Pembuatan tepung ikan dari ITA dengan cara ini menghasilkan Bahan Kering 93,38 %, Protein Kasar 64,42 %, Lemak Kasar 4,32 %, Serat Kasar 0,68 %, Kalsium 3,21 % dan Phosfor 1,53 %.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar