Langsung ke konten utama

Sepintas Tentang Awan Cumulonimbus

Awan cumulonimbus (Cb) adalah tipe awan tinggi dan padat, terbentuk pada ketinggian yang rendah, tumbuh secara vertikal keatas. Dasar awan luasnya beberapa kilometer pada ketinggian 200-4.000 meter, puncaknya bisa mencapai 6.000-23.000 meter, bisa meluas hingga ratusan km. 

Awan Cb banyak ditemukan di daerah tropis diantaranya di Indonesia, umumnya terbentuk pada musim hujan. Saat ini terjadi perubahan iklim di Indonedia yang perlu dicermati. Menurut BKMG akan terjadi pada Des-Feb.

Pada pusat awan Cb dapat timbul badai petir bahkan tornado. Awan Cb dapat berkembang menjadi supercell, yaitu badai yang ditandai oleh adanya mesosiklon, yaitu pusaran udara dalam badai konvektif. Ini yang berbahaya bagi pesawat terbang seperti yang terjadi pada kasus QZ-8501.

Kalau pesawat masuk ke Cb jelas sangat berbahaya, mesin bisa mati dan pesawat tidak stabil, bisa stall, jatuh berputar. Tapi kita tidak usah terlalu khawatir, pesawat terbang masa kini dilengkapi radar cuaca yang modern dan canggih, lagi pula sebelum berangkat pilot sudah dapat briefing tentang cuaca pada rute penerbangan.

Karena awan Cb umumnya terbentuk siang hari, bila suatu saat kondisi cuaca sedang ekstrem, akan relatif lebih nyaman kalau kita terbang pada pagi hari. Tapi tidak usah terlalu takut juga kalau harus terbang siang atau malam hari karena pesawat makin canggih, pilot-pilot makin jago, they know, what they are doing. Semoga bermanfaat. Salam.

Demikian sepintas penjelasan tentang awan Cb oleh Bapak Marsda TNI (Pur) Prayitno Ramelan, yang kami kutip dari komentar beliau di Facebook.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Sanggahan Masalah Spesifikasi Yang Mengarah ke Produk Tertentu

Nomor     : 01/S/KCB/BA/VIII/2017    Banda Aceh, 31 Agustus 2017 Lampiran : 1 (satu) berkas 
Kepada Yth. Pokja Barang dan Jasa Lainnya – XXXV ULP Pemerintah Aceh Di      Jl. T. Nyak Arief No. 219, Banda Aceh
Perihal : Sanggahan Lelang Pekerjaan Belanja Modal Alat Laboratorium Umum
Dengan Hormat,
Kami atas nama PT. XYZ  mengajukan sanggahan ini karena spesifikasi barang pada lelang ini mengarah pada produk tertentu. Selain itu, dokumen penawaran kami digugurkan bertentangan dengan ketentuan yang tercantum dalam Lampiran Peraturan Kepala LKPP Nomor 14 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Perpres No. 70 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua Atas Perpres No. 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Berikut ini penjelasan kami:
I. Barang Atomic Absorbtion Spectrophotometer mengarah ke merek Spectrum.

Bahwa ketentuan Pasal 81 ayat (1) huruf b Peraturan Presiden Republik IndonesiaNomor 70 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Penga…

Sabu-Sabu

Sabu-sabu atau crystal meth adalah obat terlarang yang sedang dikhawatirkan oleh peneliti kecanduan. Jika dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu lama, sabu-sabu bisa merusak organ tubuh, membunuh sel syaraf dan bisa berdampak kerusakan otak permanen. Dalam banyak kasus, pengguna kehilangan gigi, berat badan menurun drastis dan menua dengan cepat. "Kerusakan ini tidak bisa disembuhkan," kata peneliti kecanduan, Heino Stöver.
Sabu-sabu termasuk jenis amphetamine yang membuat penggunanya menjadi agresif. Bubuk sejernih kristal atau yang juga dikenal dengan nama Ice itu dipakai dengan cara dihisap dengan menggunakan alat bantu botol yang berisi air sebagai penyaring. Bahaya terbesar sabu-sabu adalah sifatnya yang mudah dan murah untuk diproduksi.
Sabu-sabu bersifat psikoaktif dan membuat tubuh manusia berfungsi maksimal dalam jangka waktu yang relatif lama. Setelah efeknya mereda, pengguna biasanya tetap tidak bisa tidur kendati mengalami kelelahan. Peneliti juga memastikan…






Powered by Dunia Kontraktor