Monday, July 31, 2017

Efek Buruk Penggunaan AC

Alat pendingin udara atau AC menjadi andalan masyarakat perkotaan untuk membuat ruangan sejuk dan nyaman. Bahkan hampir sepanjang waktu AC selalu digunakan tanpa peduli dampak buruk apa yang akan didapatkan.

Berikut ini tiga konsekuensi berada di ruangan ber-AC.

Kelelahan

Kurangnya udara segar akibat ditutupnya ventilasi untuk pergantian udara akan membuat seseorang merasa lelah. Apalagi,jika sepanjang siang hingga menuju malam hanya dihabiskan di ruangan ber-AC, dapat melahirkan sick building syndrome. Sindrom tersebut merupakan kondisi seseorang akan terus merasa lelah.

Terkadang, saluran AC pun tidak selalu bersih dan dibersihkan rutin. kemungkinan besar untuk sulit bernafas bisa saja muncul sebab AC akan menjadi tempat berkembang biak bagi patogen seperti jamur, bakteri dan jamur.

Sakit Tubuh

Suhu rendah dapat menyebabkan kontraksi otot, sakit kepala dan sakit punggung. Bila tubuh tetap berada pada suhu di bawah normal tubuh, orang itu akan merasakan sakit pada persendian dan otot yang mungkin menjadi rematik selama periode waktu tertentu. Jika situasinya parah, nyeri semacam itu bisa berkembang menjadi radang sendi.

Masalah Kulit

AC mengambil kelembaban tanpa peduli tubuh seseorang membutuhkannya. Kondisi tersebut sangat rawan bagi kulit yang membutuhkan kelembaban agar tidak kering dan bersisik. Akibat kekurangan uap air, kulit dapat dengan mudah kehilangan elastisitasnya, sehingga rentan terhadap lipatan dan keriput. Dengan kondisi itu sangat mudah untuk mempercepat penuaan dini dan rentan terhadap kelainan kulit lainnya.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/17/07/30/otwm0e335-dampak-buruk-gunakan-ac

No comments:

Post a Comment