Minggu, Juli 23, 2017

Blau dan Penyakit Gondongan

Tulisan ini dikutip dari fb Dr. Theresia Santi, SpA
  
"Moms... dimana yah cari blau? anakku kena gondongan nih"

"Dok, gondongan anak saya sudah saya kasih blau, tapi ndak sembuh-sembuh.. dikasih apa lagi ya biar cepet sembuh?"

Sering sekali saya dengar tentang pengobatan blau untuk anak sakit gondongan..

Sebenarnya apakah sakit gondongan itu? apa bahayanya? dan apakah blau sungguh untuk obatnya?

Gondongan atau Mumps atau Parotitis adalah penyakit peradangan pada kelenjar ludah akibat virus bernama paromixovirus. Gejalanya bengkak pada leher atau rahang dekat pipi, nyeri dan kadang disertai demam.

Nah, karena penyebabnya virus, maka penyakit ini sangat menular. Cara penularannya bisa melalui percikan ludah, bisa juga karena bertukar alat makan.

Obatnya apa sih dok?


Duh sayangnya, bukan blau lho obatnya moms.. Penyakit akibat virus ini hanya satu obatnya: yaitu daya tahan tubuh si penderita sendiri. Jadi hanya dengan istirahat yang cukup, banyak makan makanan bergizi, dan extra minum air putih, itu saja sudah cukup. Pada anak memiliki imunitas yang rendah, penyakit inipun bisa menimbulkan komplikasi, seperti peradangan pada ginjal, buah zakar maupun pada otak; namun komplikasi ini sangat sangat jarang terjadi. Umumnya dengan istirahat dan makan yang cukup, virus akan meninggalkan tubuh dalam 3-4 hari. Untuk mengurangi nyeri bisa gunakan obat pereda nyeri seperti paracetamol sesuai dosis anak.

Nah, jadi apa sih sebenarnya si blau ini?

Blau itu sebenarnya sabun 'jadul' yang sering digunakan orang-orang tua jaman dulu untuk memberi efek biru dan bersih pada baju putih. Isinya terdiri dari tiga unsur yaitu biang blau, tepung soda (sodium citrate) dan tepung sagu (aci). Tidak pernah ada penelitian ilmiah yg menunjukkan manfaat maupun hubungan blau dengan gondongan.

Sempat baca-baca asal muasal blau dijadikan 'obat' gondongan. Jadi, jaman dulu, orang-orang tua sebenarnya sudah tahu bahwa kalau anak sakit gondongan sebaiknya banyak istirahat saja di rumah. Nah, blau ini pun dibaurkan pada pipi anak yang bengkak. Tujuannya agar si anak malu keluar rumah dengan belepotan biru-biru di wajahnya, sehingga bisa banyak istirahat di rumah.

Sooo.. sama sekali tidak ada efek menyembuhkan dari blau lhooo moms.. Yang terjadi malah kadang timbul reaksi alergi karena kulit anak yang tidak tahan dengan kandungan blau. Gondongan tidak bertambah cepat membaik, malah kulit jadi seperti terbakar.. sayang kan...

Bahayanya lagi, kadang-kadang, karena si ibu sudah merasa anaknya sudah diobati dengan blau, maka anaknya malah dibiarkan bebas berkeliaran.. Tidak istirahat yang betul, malah main gadget seharian, tidak juga makan makanan bergizi.. alhasil gondongannya tidak kunjung sembuh..

Oh ya satu lagi.. jangan lupa imunisasi MMR yah.. bisa mencegah gondongan lho.. Ingat, mencegah gondongan bukan dengan makan garam yodium.. itu sih mencegah GONDOKAN, bukan GONDONGAN... itu beda lagi lhooo.. hehee...

So.. jangan sibuk cari-cari blau lagi ya moms.. sudah susah carinya, ga ada manfaat, ada bahayanya pula...

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar