Harga Satuan Timpang

Dalam melakukan evaluasi kewajaran harga perlu diteliti apabila terdapat harga satuan timpang, yaitu harga satuan yang nilainya lebih besar dari 110% (seratus sepuluh persen) dari HPS.

Dalam hal terdapat beberapa item pekerjaan yang penawaran harga satuannya lebih besar dari 110% (seratus sepuluh persen) HPS atau yang dikenal dengan Harga Satuan Timpang, maka penawaran tersebut tidak dapat dinyatakan gugur bilamana total harga penawaran tidak melebihi pagu yang tersedia.

Bilamana proses pemilihan penyedia dilakukan melalui pelelangan umum yang sesuai dengan prosedur pengadaan barang/jasa pemerintah, maka harga satuan timpang tersebut merupakan harga yang dapat diterima sebagai bagian dari total penawaran.

Terhadap item pekerjaan yang memiliki Harga Satuan Timpang harus dilakukan klarifikasi. Klarifikasi bukan dimaksudkan untuk melakukan negosiasi harga melainkan untuk memastikan bahwa harga satuan timpang tersebut hanya berlaku untuk volume sesuai dengan dokumen pemilihan penyedia barang/jasa.

Sumber: lkpp.go.id

Didukung Oleh :

 

Log in | Design by Varidati